Kuis PBKK

 1. Jelaskan struktur framework , dan apa saja kegunaanya dalam pengembangan Perangkat Lunak

 

Framework biasanya memiliki struktur seperti core libraries yang berisi fungsi dasar yang digunakan untuk berbagai fitur, dan berbagai komponen yang digunakan untuk fungsi tertentu. Banyak framework yang menggunakan struktur MVC, Model (M) berisi logika data, View (V) berfungsi untuk menampilkan data, dan Controller (C) berfungsi untuk menjembatani keduanya dan mengupdate view ketika data di Model berubah.

Framework berfungsi untuk mempermudah pengembangan aplikasi dengan memberikan banyak aspek dasar yang langsung bisa digunakan (mengurangi coding from scratch). Aplikasi yang dikembangkan menggunakan framework biasanya sudah memiliki berbagai fitur keamanan yang native dari framework itu, sehingga secara umum lebih aman. Framework juga memiliki berbagai fitur built in untuk pemeliharaan aplikasi dan framework yang paling populer biasanya memiliki komunitas yang aktif dalam memberi bantuan, dan juga banyak resource untuk belajar menggunakannya.

 

2. Dalam pembuatan aplikasi, pertimbangan apa saja ketika memilih metode implementasi Winform, WPF , ataupun UWP. Jelaskan perbedaan masing-masing.

 Salah satu pertimbangan yang utama dalam memilih antara ketiga metode tersebut adalah kebaruan. WPF dan UWP lebih baru, dan memiliki banyak fitur yang lebih terupdate, tetapi mungkin tidak kompatible dengan sistem operasi yang lebih lama. Winform lebih berguna untuk mengembangkan legacy application.

WPF memilki design UI yang lebih rich dengan menggunakan XAML sebagai cara mendesign UI. Dengan menggunakan WPF, yang juga memiliki fitur data binding yang kuat, user dapat mendesign UI yang kelihatan bagus dan juga mensupport teknologi lebih baru seperti 3D graphics.

Meskipun Winforms dan WPF adalah metode yang bagus, aplikasi yang didevelop dikeduanya hanya bisa dijalankan di PC Windows. Jika pengembangan cross platform adalah yang dicari, maka lebih baik menggunakan UWP yang lebih baru. Aplikasi UWP dapat dijalankan di berbagai device yang didalam ekosistem Microsoft, seperti Wndows PC, Xbox, dan Windows Phone.


3. Untuk memperjelas jawaban no 2, Buatlah screenshot aplikasi yang pernah dibuat, beserta deskripsi dan link tugas yang pernah dikerjakan mengenai Winfor, WPF dan UWP

 Berikut adalah aplikasi yang pernah dikerjakan menggunakan berbagai framework.


WPF: adalah aplikasi untuk menyimpan nama

Screenshot aplikasi:


Link: https://gumilangsilalahi.blogspot.com/2023/09/tugas-3-pbkk-wpf.html

UWP: Aplikasi Photolab

Screenshot Aplikasi:


Link Aplikasi: https://gumilangsilalahi.blogspot.com/2023/09/pbkk-uwp.html

4. Apa yang dimaksud dengan aplikasi Rich UI. Buatlah aplikasi Rich UI yang berguna dalam kehidupan sehari hari, misal Animasi Clock, aplikasi cuaca, pemantauan kesehatan. Buat design UI nya..

Aplikasi Rich UI adalah aplikasi yang memiliki UI yang menarik, menonjol, dan juga interaktif, Aplikasi rich UI biassanya memiliki UI yang mengimprove pengalaman dari user dalam menggunakan aplikasinya.

 

Untuk Aplikasi yang saya design, saya akan membuat aplikasi timer yang dapat melakukan countdown dari waktu yang sudah ditentukan.

berikut adalah design UI nya


 5. Implementasikan soal no 4, kemudian buat video tutorial pengerjaannya, upload di Youtube, dan embedded di blog dokumentasi.

 

Link Github: https://github.com/DrunkDemoman/TimerApp

Embed Youtube: 


Comments

Popular posts from this blog

Tugas 1 PBKK